SILABUS MATA PELAJARAN: FISIKA
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas /Semester : X / I
Kompetensi Inti :
KI 1:
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2:
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokko
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1 Bertambah keimanannya
dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari
kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristikfenomena gerak, fluida, kalor dan optik
|
Pengukuran
· Ketelitian
(akurasi) dan ketepatan (presisi)
· Kesalahan
pengukuran
· Penggunaan
angka penting
|
Mengamati
· Membuat daftar (tabel) nama
besaran, alat ukur, cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu,
termasuk yang
berlaku di daerah setempat (misalnya: untuk ukuran massa: mayam di Sumatera
Utara, untuk ukuran panjang: tumbak di Jawa Barat).
· Mengamati beberapa alat ukur
panjang, massa dan waktu yang ada di sekitar(mistar
milimeter, jangka sorong, mikrometer, neraca lengan, neraca pegas, dan
stopwatch)danmenemukan
cara bagaimana
alat tersebut bekerja/digunakan
Menanya
· Mendiskusikan
cara menggunakan alat ukur, cara mebaca skala, dan cara menuliskan hasil
pengukuran
· Mendiskusikan
aspek ketelitian, ketepatan, dan keselamatan kerja dan alat dalam mengukur
Eksperimen/explore
· Mengukur
masa jenis kelereng (pengukuran
dilakukan satu kali) dan batu kerikil (dilakukan berulang dengan ukuran beda
dan jenis yang sama) secara berkelompok
dengan menggunakan neraca, jangka sorong atau mikrometer, dan gelas ukur
Asosiasi
· Mengolah
data hasil pengukuran berulang (diberikan oleh guru) dalam bentuk penyajian
data, membuat grafik, menginterpretasi data dan grafik, dan menghitung
kesalahan, serta menyimpulkan hasil interpretasi data
Komunikasi
· Membuat
laporan tertulis
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan denganpengukuran
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian tentang penggunaan angka penting dan kesalahan
pengukuran dan/atau pilihan ganda tentang membaca alat ukur
|
9 JP
(3
x 3 JP)
|
Sumber:
· PHYSICS: Principles with Aplication /
Douglas C. Giancoli – 6thed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA
SMA Jilid 1, Pusat Perbukuan
· Panduan
Praktikum Fisika SMA,Erlangga
· e-dukasi.net
Alat:
· Neraca
· jangka
sorong
· mikrometer
· gelas
ukur,
· stopwatch
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
||||||
.1 Memahami hakikat fisika danprinsip-prinsip
pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting)
|
||||||
4.1 Menyajikan hasil pengukuran besaran
fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan
ilmiah
|
||||||
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari
kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristikfenomena gerak, fluida, kalor dan optik
|
Penjumlahan Vektor
|
Mengamati
· Menggambarvektor, resultan vektor, komponen
vektor serta menghitung besar dan arah resultan vektor dalam sebuah
pengamatan bersama
Menanya
· Menanyakancara menghitung besar dan arah dua
buah vektor
Eksperimen/explore
· Melakukanpercobaanuntuk menentukan resultan dua vektor
sebidang
Asosiasi
· Menerapkanoperasi vektor dalam pemecahan
masalah secara individu
Komunikasi
· Mempresentasikan contoh
penerapan vektor dalam kehidupan sehari-hari
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan denganvektor
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang resultan dua dan/atau
tiga vector
|
9 JP
(3 X 3 JP)
|
Sumber:
· PHYSICS: Principles with Aplication /
Douglas C. Giancoli – 6thed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA
SMA Jilid 1, Pusat Perbukuan
· Panduan
Praktikum Fisika SMA,Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· neraca
pegas
· busur
derajat
· papan
triplek yang dilengkapi kertas berpetak
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
||||||
.2 Menerapkan
prinsip penjumlahan vektor (dengan pendekatan geometri)
|
||||||
4.1 Menyajikan hasil pengukuran besaran
fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan
ilmiah
4.2 Merencanakan dan melaksanakan
percobaan untuk menentukan resultan vektor
|
||||||
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari
kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristikfenomena gerak, fluida, kalor dan optik
|
Gerak Lurus dengan Kecepatan dan
Percepatan Konstan
|
Mengamati
· Mengamati demonstrasi gerak untukmembedakangerak lurus dengan kecepatan konstan
dan gerak lurus dengan percepatan konstan
Menanya
· Menanyakanperbedaangerak lurus dengan kecepatan konstan
dan gerak lurus dengan percepatan konstan
Eksperimen/explore
· Melakukanpercobaangerak
lurus dengan kecepatan konstan dengan menggunakan kereta atau mobil mainan.
· Melakukan percobaangerak
lurus dengan percepatan konstan dengan menggunakantroly.
Komunikasi
· Mempresentasikan hasil percobaanbenda yang
bergerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan
konstan dalam
bentuk grafik
Asosiasi
· Menganalisis besaran-besaran fisika
pada gerak dengan kecepatan konstan.
· Menganalisis besaran-besaran fisika
pada gerak dengan percepatan konstan.
· Menganalisis besaran-besaran dalam
GLBB dan gerak jatuh bebas dalam diskusi kelas
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengangerak lurus dengan kecepatan dn percepatan konstan
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda gerak lurus dengan
percepatan konstan
|
12jam
(4 x 3 JP)
|
Sumber:
· PHYSICS: Principles with Aplication /
Douglas C. Giancoli – 6thed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA
SMA Jilid 1, Pusat Perbukuan
· Panduan
Praktikum Fisika SMA,Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· papan
luncur
· troly
· kereta
mainan tenaga batere
· tiker
timer
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
||||||
3.3 Menganalisis
besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak
lurus dengan percepatan konstan
|
||||||
4.1 Menyajikan hasil pengukuran besaran
fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan
ilmiah
4.3 Menyajikan
data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang
bergerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan
konstan
|
||||||
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari
kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristikfenomena gerak, fluida, kalor dan optik
|
Hukum Newton dan Penerapannya
|
Mengamati dan Menanya
Mengamati
pergaan:
· benda
diletakan di atas kertas kemudian kertas ditarik perlahan dan dan tiba-tiba
· benda
ditarik atau didorong untuk menghasilkan gerak
· benda
dilepas dan bergerak jaruh bebas
· benda
ditarik tali melalui katrol dengan beban berbeda
Mendiskusikan:
· penyebab
benda bergerak
· pengaruh
masa benda dan besar gaya terhadappercepatan gerak
Komunikasi
· Menggambargaya berat, gaya normal, dan gaya
tegang tali dalam diskusi pemecahan masalah dinamika gerak lurus tanpa
gesekan
Eksperimen/Eksplorasi
· Melakukan percobaan hukum Newton 1
dan 2 secara berkelompok
· Melakukan percobaan gerak benda
misalnya dalam bidang miring untuk membedakan gesekan statik dan kinetik
Asosiasi
· Menghitung percepatan benda dalam
sistem yang terletak pada bidang miring, bidang datar, dan sistem katrol
dalam diskusi kelas.
|
Tugas
Menerapkan
hukum Newton dalam memecahkan
masalah
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan
tertulis
Tes
TertulisUraiandan Pilihan Gandatentang
hukum Newton 2
|
9 JP
(3 x 3 JP)
|
Sumber:
· PHYSICS: Principles with Aplication /
Douglas C. Giancoli – 6thed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA
SMA Jilid 1, Pusat Perbukuan
· Panduan
Praktikum Fisika SMA,Erlangga
· e-dukasi.net
Alat:
· katrol
· beban
gantung
· troly
· tiker
timer
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
||||||
3.4 Menganalisis hubungan
antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus
|
||||||
4.1 Menyajikan hasil pengukuran besaran
fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan
ilmiah
4.4 Merencanakan
dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya, massa, dan
percepatan dalam gerak lurus
|
||||||
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari
kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristikfenomena gerak, fluida, kalor dan optik
|
Gerak Melingkardengan
laju Konstan
|
Mengamati
· Menemukan besaran frekuensi, periode,
sudut tempuh, kecepatan linier, kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal
pada gerak melingkar melalui demonstrasi.
Menanya
· Mengidentifikasi besaran frekuensi,
frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar
dengan laju konstan.
Eksperimen/Eksplorasi
· Melakukan percobaan secara
berkelompok untuk menyelidiki gerak yang menggunakan hubungan roda-roda.
Asosiasi
· Menganalisis gerak melingkar
beraturan dalam pemecahan masalah melalui diskusi kelas
· Menganalisis besaran yang berhubungan
antara gerak linier dan gerak melingkar pada gerak menggelinding dengan laju
konstan
Komunikasi
· Mempresentasikan contoh
gerak melingkar dalam kehidupan dan aplikasinya
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengangerak melingkar
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Bahan
presentasi
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda besaran-besaran pada gerak
melingkar dengan laju konstan
|
9 JP
(3 x 3 JP)
|
Sumber:
· PHYSICS: Principles with Aplication /
Douglas C. Giancoli – 6thed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA
SMA Jilid 1, Pusat Perbukuan
· Panduan
Praktikum Fisika SMA,Erlangga
· e-dukasi.net
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
||||||
3.5 Menganalisis besaran
fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan dan penerapannya dalam
teknologi
|
||||||
4.5 Menyajikan
ide/gagasan terkait gerak melingkar (misalnya pada hubungan roda-roda)
|
SILABUS MATA
PELAJARAN: FISIKA
Satuan
Pendidikan :SMA
Kelas /Semester : X / 2
Kompetensi Inti
KI 1:
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2:
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||||
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari
kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
|
Elastisitas
dan Hukum Hooke
· Hukum
Hooke
· Susunan
pegas seri-paralel
|
Mengamati
· Peragaan
benda elastis
dan benda plastis
· Demonstrasi
pengaruh gaya terhadap perubahan panjang pegas/karet
Menanya
· Tanya
jawab sifat elastisias benda
· Diskusi
stress, strain, dan modulus elastisitas
· Diskusi
tentang hukum Hooke dan susunan pegas
Eksperimen/Eksplorasi
· Percobaan
hukum Hooke dengan menggunakan pegas/karet, mistar, beban gantung, dan statif
secara berkelompok
· Eksplorasi
untuk menemukan karakteristik susunan pegas seri dan paralel
Mengasosiasi
· Mengolah
data percobaan ke dalam grafik, menentukan persamaan grafik, dan
membandingkan hasil percobaan dengan bahan pegas/karet yang berbeda
· Memformulasi
konstanta pegas susunan seri dan paralel
Mengkomunikasikan
· Diskusi
kelompok membahas hasil percobaan
· Membuat
laporan praktik
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengan alastisitas dan hukum Hooke
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda hukum Hooke pada susunan pegas
seri /paralel
|
12JP
(4 x 3 JP)
|
Sumber:
· PHYSICS: Principles with Aplication /
Douglas C. Giancoli – 6thed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA
SMA Jilid 1, Pusat Perbukuan
· Panduan
Praktikum Fisika SMA,Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· statif
· beban
gantung
· pegas/karet
· mistar
|
||||
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||||||
3.6 Menganalisis
sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari
|
|||||||||
4.1 Menyajikan hasil pengukuran besaran
fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan
ilmiah
4.6 Mengolah
dan menganalisis hasil percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan
|
|||||||||
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari
kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristikfenomena gerak, fluida, kalor dan optik
|
Fluida statik
· Hukum
utama hidrostatis
· Hukum
Pascall
· Hukum
Archimedes
· Gejala
kapilaritas
· Viskositas
dan Hukum Stokes
|
Mengamati
· Peragaan:
- simulasi
kapal selam dalam botol minuman
- keadaan
air dalam sedotan minuman dalam berbagai keadaan
- Mencari
informasi penggunaan sistem hidrolik dan sistem kerja kapal selam
Menanya
· Mendiskusikanhukum-hukumfluida statikdan
penerapannya
Eksperimen/explore
· Membuat alatperaga sistem
hidrolik secara berkelompok
Asosiasi
· Menerapkan
konsep tekanan hidrostatis, prinsip
hukum Archimedes dan hukum Pascall melalui percobaan
Komunikasi
· Mempresentasikan penerapan
hukum-hukumfluida statikdan
penerapannya
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan denganfluida statik
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda hukum Archimedes, hukum Pascal,
kapilaritas dan hukum Stokes
|
12 JP
(4 x 3 JP)
|
Sumber
· PHYSICS: Principles with Aplication /
Douglas C. Giancoli – 6thed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA
SMA Jilid 1, Pusat Perbukuan
· Panduan
Praktikum Fisika SMA,Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· tangki
air atau ember dan hidrometer
· bejana
berhubungan
· balon
karet dalam botol minuman (simulasi kapal selam)
|
||||
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||||||
3.7 Menerapkan
hukum-hukum pada fluida statik dalam kehidupan sehari-hari
|
|||||||||
4.1 Menyajikan hasil pengukuran besaran
fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan
ilmiah
4.7 Merencanakan
dan melaksanakan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk
mempermudah suatu pekerjaan
|
|||||||||
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari
kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristikfenomena gerak, fluida, kalor dan optik
|
Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor
· Suhu
dan pemuaian
· Hubungan
kalor dengan suhu benda dan wujudnya
· Azas
Black
· Peripindahan
kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
|
Mengamati
· Mencermati
peragaan tentang:
- Simulasi
pemuaian rel kereta api
- Pemanasan
es menjadi air
- Konduktivitas
logam (almunium, besi, tembaga, dan timah)
· Melakukanstudi pustaka untuk mencari informasi
mengenai pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda, pengaruh perubahan suhu benda
terhadap ukuran benda (pemuaian), dan perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan
radiasi
Menanya
· Mendiskusikan
pengaruh kalor terhadap suhu, wujud, dan ukuran benda
· Mendiskusikan
azas Black dan perpindahan kalor
Eksperimen/explorasi
· Melakukanpercobaan untukmenentukan
kalor jenis logam
Asosiasi
· Mengolah
data percobaan kalor jenis logam dengan menggnakan kalorimeter dalam bentuk
penyajian data, membuat grafik, menginterpretasi dan dan grafik, dan menyusun
kesimpulan.
Komunikasi
· Membuat
laporan hasil eksperimen
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengansuhu dan perpindahan kalor
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan
tertulis kelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian tentang pemuaian, dan asas Black dan/atau
pilihan ganda tentang perpindahan kalor dengan cara konduksi dan konveksi
|
12JP
(4 x 3 JP)
|
Sumber
· PHYSICS: Principles with Aplication /
Douglas C. Giancoli – 6thed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA
SMA Jilid 1, Pusat Perbukuan
· Panduan
Praktikum Fisika SMA,Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· kalorimeter
· kubus
logam
· termometer
· stopwatch
· lilin
· batang
logam alumunium, besi, tembaga, dan timah
· pemanas
air
|
||||
4.2 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
4.3 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||||||
3.7 Menganalisis pengaruh
kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari
|
|||||||||
4.1 Menyajikan hasil pengukuran besaran
fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan
ilmiah
4.8 Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk
menyelidiki karakteristik termal suatu bahan, terutama kapasitas dan
konduktivitas kalor
|
|||||||||
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2 Menyadari
kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristikfenomena gerak, fluida, kalor dan optik
|
Alat-alat
optik
· Mata dan kaca mata.
· Kaca pembesar (lup).
· Mikroskop
· Teleskop
· Kamera.
|
Mengeksplorasi
· siswamengeksplorasidari sumber belajar yang relevan
tentang prinsip pembentukan -bayangan dan perbesaran pada kacamata,lup,
mikroskop, teropong dan kamera .
Menanya:
· Melaluidiskusi kelas siswa aktif mengjukan
pertanyaan tentang prinsip pembentukan bayangan dan perbesaran pada kaca
mata, lup, mikroskop ,teleskop dan kamera
· Melaluidiskusikelompok dapat membedakan pengamatan
tanpa akomodasi dengan berakomodasi maksimum pada alat optik lup, mikroskop
dan teleskop.
Eksperimen/eksplor
· Merancang dan membuat teropong
sederhana secara berkelompok
Mengkomunikasikan
· Presentasi kelompok tentang hasil
merancang dan membuat teropong sederhana
|
Tugas
Membuat resume hasil eksplorasi untuk
bahan diskusi kelas.
Portofolio
Bahan presentasi rancanganuntukmembuat teropong sederhana
Observasi
Cecklist lembar pengamatan kegiatan
diskusi kelompok
Hasil karya
Teropong sederhana
Tes
Uraian dan atau pilihan ganda tentang
prinsip pembentukan dan perbesaran bayangan pada kaca mata, lup,
mikroskop , teropong dan kamera
|
12JP
(4 x 3 JP)
|
Sumber
· PHYSICS: Principles with Aplication /
Douglas C. Giancoli – 6thed. Pearson Prentice Hall
· FISIKA
SMA Jilid 1, Pusat Perbukuan
· Panduan
Praktikum Fisika SMA,Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· teropong
bintang
· mikroskop
|
||||
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
|||||||||
3.9 Menganalisis
cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh
cermin dan lensa
|
|||||||||
4.9 Menyajikan ide/rancangan
sebuah alat optik dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada
cermin dan lensa
|
|||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar